in

3 Juni 1940: Nazi Ingin Buat Madagaskar Jadi Tanah Air Yahudi

Sumber gambar: www.twofistedhistory.com
Kejadian tanggal 3 Juni 1940
Sumber gambar: www.twofistedhistory.com

Ngadem.com – Pada tanggal 3 Juni 1940, Franz Rademacher selaku kepala Departemen Yahudi di Kementerian Luar Negeri Nazi, mengusulkan untuk membuat Madagaskar menjadi “Tanah Air Yahudi”

Rencana Madagaskar sendiri merupakan sebuah usulan dari pemerintah Jerman Nazi guna memindahkan populasi Yahudi Eropa ke Madagaskar. Franz Rademacher mengusulkannya beberapa saat sebelum Perancis kalah dalam Pertempuran Perancis dan meminta agar Madagaskar (koloni Perancis ketika itu), diserahkan ke Jerman sebagai tanda menyerah.

Ide guna mendeportasi Yahudi Polandia ke Madagaskar sebelumnya telah diselidiki oleh pemerintah Polandia di tahun 1937, namun terbentur fakta bahwa Madagaskar hanya bisa menampung 5.000 sampai 7.000 kepala keluarga. Sebagai bentuk upaya Nazi guna mendorong emigrasi penduduk Yahudi dari Jerman yang gagal, ide mendeportasi Yahudi ke Madagaskar dihidupkan kembali oleh pemerintah Nazi pada tahun 1940.

(Sumber: wikipedia.com historyorb.com)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.